Minggu, 25 Maret 2018

Tips Memilih Penjual Terpercaya Saat Berburu Promo Belanja Online

Bulan Desember segera datang, itu saatnya masyarakat akan kebanjiran promo belanja dari toko online ataupun konvensional. Tetapi beberapa tahun belakangan ini antusias warga untuk berburu promo pada toko konvensional sedikit berkurang, apalagi semenjak adanya promo belanja online seperti harbolnas. Karena diskon yang diberikan juga tidak kalah besar dengan toko offline, selain itu juga lebih mudah tanpa harus keluar rumah. Tidak heran semenjak pertama muncul di masyarakat pada tahun 2012 lalu harbolnas mempunyai peminat yang terus meningkat.


Dibalik antusias masyarakat yang semakin banyak ternyata ada beberapa kabar mengenai aksi kejahatan dalam dunia maya yang menyebabkan masyarakat mempunyai rasa khawatir untuk melakukan pembelanjaan secara online. Hal itu juga menjadi tantangan tersendiri untuk para pelaku toko online mengatur strategi supaya tetap dipercaya oleh masyarakat. Selain itu Anda sebagai konsumen juga harus lebih berhati-hati lagi membedakan mana toko online yang terpercaya dan mana yang memang palsu. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa dijadikan sebagai referensi Anda sebelum berbelanja, antara lain:

  • Perhatikan tampilan.

Pertama Anda bisa melihat dari halaman utama toko online tersebut, walaupun memang bukan menjadi prioritas utama tetapi paling tidak bisa menjadi salah satu pertimbangan. Anda bisa bayangkan sendiri jika sebuah toko mempunyai layout yang sangat berantakan dan membuat pembeli merasa kebingungan saat akan melakukan pembelian produk.

  • Cek alamat domain toko online.

Yang kedua Anda bisa melihat dari domain toko online tersebut, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda sebelum melakukan pembelanjaan. Karena di Indonesia sendiri domain ada yang resmi dan tidak resmi.

  • Memilih kejelasan nomor telephone.

Tidak sedikit online shop yang hanya menampilkan nomor yang sangat susah dihubungi, walaupun promo belanja online banyak ditawarkan tetapi nomor sulit untuk dihubungi harusnya menjadi pertimbangan untuk Anda.

  • Sistem pembayaran yang digunakan.

Dalam toko online umumnya memberikan beberapa alternatif pembayaran, mulai dari transfer, cash on delivery, internet banking ataupun lainnya. Untuk lebih amannya memang Anda melakukan pembayaran melalui COD karena bisa melihat secara fisik terlebih dahulu barang yang akan dibeli sebelum melakukan pembayaran.

  • Lihat history online shop.

Sebelum melakukan pembelian akan lebih baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai toko online tersebut. Misalnya perjalanan dari awal dalam pemberian pelayanan kepada konsumen, reputasinya, feedback dari konsumen atau lain sebagainya. Karena hal itu juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan antara toko yang terpercaya dan tidak. Anda bisa mencari informasi dari beberapa sumber, misalnya mesin pencarian internet, rekomendasi orang lain, teman atau saudara.

  • Feedback konsumen sebelumnya.

Sangat penting mengetahui beberapa feedback yang diberikan oleh orang lain sebagai konsumen sebelumnya. Anda bisa menganalisis sendiri seberapa puas konsumen dengan pelayanan dan juga produk yang diberikan oleh toko online tersebut. Dengan begitu akan terlihat jelas mana yang termasuk toko online terpercaya dan mana yang tidak.

Dengan beberapa ciri mengenai online shop terpercaya tersebut Anda akan lebih tenang menentukan toko online mana yang akan dijadikan tempat belanja. Karena tidak sedikit pelaku tindak kejahatan yang memanfaatkan tawaran promo belanja online besar-besaran tetapi malah melakukan penipuan. Jadi tetap jadilah konsumen yang cerdas dalam berbelanja dan memilih toko online terpercaya. Jangan sampai keinginan Anda mendapatkan harga promo malah rugi akibat terjerumus pada toko online abal-abal.
Disqus Comments