Senin, 30 April 2018

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tiket Kereta Api

Kereta api merupakan moda transportasi umum yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk bepergian. Seperti moda transportasi lainnya seperti pesawat, bis, kapal, dan lainnya kereta api ini bisa untuk mengangkut banyak orang dalam satu waktu sehingga disebut sebagai transportasi umum. Ada banyak pilihan tempat membeli tiket kereta api dari yang bisa dibeli secara langsung seperti stasiun dan juga agen. Akan tetapi juga bisa untuk membeli di berbagai situs online yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat baik untuk membeli tiket ataupun barang lainnya. Apabila membeli tiket kereta ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat seperti:


  • Pembelian keperluan tiket

Apabila membeli tiket kereta ini terutama untuk yang membeli secara online ada pilihan pembelian tiket yang sekali jalan atau pulang pergi. Untuk tiket sekali jalan juga bisa dibeli di stasiun sehingga hanya bisa digunakan untuk sekali perjalanan tersebut baik untuk pemberangkatan atau hanya untuk kepulangan saja. Akan tetapi untuk pulang pergi adalah tiket yang dibeli untuk keberangkatan dan juga kepulangan. Sehingga ketika sedang diperjalanan, Anda tidak perlu lagi untuk khawatir akan kehabisan tiket ataupun hal lain yang bisa untuk menunda kepulangan. Akan lebih baik untuk memilih tiket tersebut sesuai dengan kepentingan dan juga kebutuhan calon penumpang.

  • Stasiun yang dipilih

Untuk pemilihan stasiun tiket kereta api ada dua pilihan yang harus dipilih yaitu:

  1. Stasiun asal adalah stasiun keberangkatan yang akan dipilih karena biasanya dalam satu kota akan banyak stasiun yang ada. Sehingga Anda bisa memilih stasiun yang dekat dengan rumah atau juga faktor lainnya seperti dekat kota.
  2. Stasiun tujuan merupakan stasiun tempat tiba yang akan dipilih. Sama seperti stasiun tempat keberangkatan ada banyak stasiun di tempat tujuan yang bisa dipilih. Anda bisa memilih stasiun yang dekat dengan hotel atau tujuan Anda. Biasanya stasiun keberangkatan ataupun tujuan tersebut tidak akan menentukan harga tiket kereta kecuali yang berada di luar kota.

  • Jadwal keberangkatan

Sebelum memilih tiket kereta yang tersedia, Anda juga harus mengisi tanggal untuk keberangkatan. Pilihlah tanggal keberangkatan yang sesuai dengan agenda yang ada dan juga pilih jam atau waktu keberangkatan yang sesuai dengan jadwal yang telah Anda atur. Anda bisa untuk memilih tanggal keberangkatan beberapa minggu sebelum akan berangkat sehingga tidak akan kehabisan tiket kereta dengan tujuan yang dibutuhkan. Pilihlah dengan tepat tanggal, bulan, dan juga tahun agar tidak salah jadwal. Dan jangan lupa untuk mengingat jadwal tiket keberangkatan tersebut agar tidak ketinggalan kereta ketika waktunya berangkat.

  • Penumpang

Ketika memilih tiket, perhatikan juga untuk mengisi penumpang yang akan naik kereta tersebut. Sertakan berapa orang yang akan naik kereta dan jelaskan apakah dewasa semua atau tidak. Karena biasanya akan diminta untuk mengisi dengan nomor KTP atau ID lainnya untuk dewasa atau untuk bayi cukup dengan menunjukkan KK. Perhatikan dengan seksama agar tidak salah isi dan pastikan data yang diisi adalah benar adanya.

  • Pilih harga tiket

Ketika akan membeli tiket kereta api Anda bisa untuk memilih harga tiket kereta tersebut. Ada banyak harga tiket yang tersedia dari yang murah hingga yang mahal. Harga tersebut tergantung juga dengan fasilitas yang ditawarkan. Sehingga bisa untuk memilih kelas sebelum membeli tiket kereta yang akan dinaiki. Harga tersebut juga dipengaruhi oleh tujuan, jenis kereta, dan fasilitas yang didapatkan.
Disqus Comments