Kamis, 05 April 2018

Hindari Hal-hal Di Bawah ini Ketika Kamu Sedang Menggunakan Mesin Gerinda

Mesin gerinda tangan memang banyak di gunakan di tempat-tempat seperti bengkel las, namun banyak juga orang yang memilikinya sebagai alat perkakas rumah. Karena penggunaannya yang cukup mudah dan banyak orang yang menggunakannya, menjadikan mesin gerinda tangan sangat populer. Meskipun sangat populer dan banyak di minati masyarakat, mesin gerinda tangan termasuk mesin berbahaya, jika tidak di gunakan dengan baik dan benar. Sehingga sanggat penting untuk memperhatikan keselamatan saat menggunakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan. Untuk itu pentingnya menggunakan mesin gerinda sesuai petunjuk dan prosedur, dan hindari bermain-bermain saat melakukan pekerjaan menggunakan mesin gerinda tangan. Berikut ini adalah hal yang harus kamu hindari saat sedang bekerja menggunakan mesin gerinda tangan.



Hindari Bermain-main Saat Menggunakan Mesin Gerinda Tangan

Hal yang harus kamu perhatikan ketika sedang bekerja menggunakan mesin gerinda tangan adalah jangan bermain-main, karena jika kamu bermain-main saat menggunakan mesin gerinda akibatnya akan sangat fatal. Jadi berhati-hati dan fokuslah saat bekerja menggunakan mesin gerinda agar pekerjaan selesai dengan cepat dan terhindar dari insiden yang tidak di harapkan.

Hindari Menggunakan Mesin Gerinda Saat Kamu Sedang Tidak Fokus

Ketelitian adalah kunci keselamatan saat menggunakan mesin gerinda, karena jika kita teliti pekerjaan akan lebih mudah selesai dan akan terhindar dari hal yang berbahaya. Jika kamu sedang tidak fokus sebaiknya hindari dulu menggunakan mesin gerinda, karena jika kamu tidak fokus akan membahayakan keselamatan saat bekerja. Bisa saja saat kamu tidak fokus kamu salah mengerjakan pekerjaan, atau karena tidak fokus mesin gerinda mengenai tangan kamu. Jika mesin gerinda yang sedang berfungsi mengenai tangan, kamu dapat menyimpulkannya sendiri karena besi yang keras saja dapat terpotong bagaimana dengan jari dan tangan?  Membayangkannya saja sudah ngeri.

Hindari Menggunakan Mesin Gerinda Jika Tangan  Kamu Dalam Keadaan Basah

Hal seperti ini sudah menjadi prosedur dari semua alat yang mengandung listrik, karena jika menggunakan perlatan listrik dengan tangan yang basah akan berbahaya dan berisiko tersetrum. Oleh karena itu lebih baik menggunakan saat akan mengerjakan pekerjaan menggunakan mesin gerinda tangan,  atau keringkan tangan dahulu sebelum menggunakan mesin gerinda.

Hindari Menggunakan Mesin Gerinda Di Dekat Anak Kecil

Hindari menggunakan mesin gerinda di depan anak kecil karena akan sangat berbahaya, anak kecil masih polos dan tidak mengerti apa yang sedang di lakukannya belum lagi rasa penasaran akan pengetahuan yang tinggi. Jika kamu menggunakan mesin gerinda tangan di dekat anak-anak di takutkan tanpa disadari anak tersebut akan menyentuh mata gerinda yang sedang berputar atau terkena risiko percikan api dari gesekan yang di sebabkan oleh mesin gerinda.

Hindari Penggunaan Mesin Gerinda Tanpa Menggunakan Alat Pelindung Percikan Api

Saat mata gerinda yang sedang berputar kencang bergesekan dengan bahan keras akan menimbulkan percikan api yang cukup berbahaya, apalagi jika sampai percikan tersebut mengenai mata dan bagian tubuh lainnya. Jika mengenai mata akan berdampak pada kebutaan karena percikan api tersebut sangat berbahaya untuk mata dan jika terkena kulit akan terasa panas.

Itulah hal yang harus kamu hindari ketika sedang bekerja menggunakan mesin gerinda tangan, karena keselamatan adalah hal yang utama jadi gunakanlah peralatan keselamatan kerja. Selain itu perhatikan juga keselamatan orang lain agar orang di sekitar kamu tidak ikut terluka karena mesin gerinda yang kamu gunakan.
Disqus Comments