Selasa, 15 Mei 2018

Biaya Membersihkan Karang Gigi

Membersihkan karang gigi memang akan sulit dilakukan sendiri. Selain itu, hingga saat ini belum ada obat yang bisa secara efektif membersihkan karang gigi.

Jika pun ada seperti obat di toko-toko atau obat herbal, itu biasanya hanya mampu membersihkan karang gigi yang masih sedikit dan itu pun harus digunakan secara rutin.

Lalu bagaimana dengan yang karang giginya sudah banyak dan mengeras? ya tidak ada cara lain selain dengan pergi ke dokter.

Sebelumnya mari kita bahas dulu tentang apa penyebab karang gigi, hingga nanti kalau kamu pergi ke dokter dan karang giginya sudah hilang,

kamu bisa mengetahui hal-hal yang menyebabkan karang gigi dan mencegahnya agar tidak ada lagi karang gigi.

Apa Itu Karang Gigi

Karang Gigi


Karang gigi atau yang juga disebut kalkulus atau tartar terjadi karena plak gigi yang timbul dari penumpukan sisa-sisa makanan kemudian terakumulasi secara bertahap dan bertambah banyak hingga akhirnya mengeras. Jika sudah mengeras maka akan semakin sulit untuk dibersihkan.

Faktor utama yang dapat menimbulkan karang gigi adalah cara mengunyah makanan, jika kita menguyah makanan hanya menggunakan sebelah bagian gigi di mulut kita, maka bagian lainnya sangat berpotensi terciptanya karang gigi.

Misalnya ketika kita mengunyah hanya menggunakan gigi bagian kiri pada mulut, maka gigi bagian kanan akan berpotensi memiliki karang gigi, karena sisa-sisa makanan berkumpul disana termasuk kuman.

Makanan yang sangat cepat dalam menciptakan karang gigi diantaranya coklat, kopi, teh dan merokok. Usahakan untuk mengindari hal-hal tersebut.

Selain itu usahakan untuk membersihkan gigi setelah makan agar tidak ada makanan tersisa atau bisa juga dengan berkumur menggunakan mouth wash setiap kali setelah makan.

Menggosok gigi secara benar juga bisa menghindari terjadi penumpukan sisa makanan yang dapat menyebabkan karang gigi.

Nah untuk membersihkan gigi di dokter sebenarnya sangat dianjurkan 6 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali.

Baca Juga : PERTIMBANGAN PENTING SEBELUM ANDA MEMBELI LEMARI SERBAGUNA DI TOKO ONLINE

Untuk membersihkan karang gigi, kini telah ada alat bernama ultrasonic scaler, jika dahulu menggunakan scaler manual yang prosesnya cukup lama dan mungkin akan menimbulkan sedikit rasa sakit.

Dengan ultrasonic scaler membersihkan gigi akan lebih cepat dan dapat meminimalkan rasa sakit.

Biaya untuk pembersihan karang gigi di dokter menggunakan scaler sebenarnya cukup terjangkau yaitu berada di kisaran 250 ribu sampai sekitar 400 ribuan,

tergantung berapa banyak karang gigi yang harus dibersihkan. Selain itu biasanya setiap dokter memiliki kebijakan sendiri-sendiri sehingga harganya akan berbeda-beda.

Namun mungkin tidak akan jauh dari rentang harga tersebut. Waktu pengerjaan juga bergantung dari banyaknya karang gigi bisa 5 menit sampai 30 menit.