Kamis, 07 Juni 2018

Cara Cerdas Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa

Di bulan suci ramadhan sebagai umat muslim Anda diwajibkan untuk berpuasa, oleh karena itu Anda harus bisa mengontrol asupan makanan saat berbuka dan sahur supaya bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Hal ini bertujuan supaya meskipun Anda berpuasa selama sehari penuh, namun tubuh tetap segar dan sehat juga tidak mudah lemas. Akan tetapi, kondisi yang sering terjadi justru ada banyak sekali orang yang mengabaikan makanan sehat dan lebih memilih jenis makanan lain dengan alasan yang penting mengenyangkan. Padahal sebenarnya, saat Anda sedang berpuasa tubuh lebih membutuhkan asupan nutrisi dibandingkan hanya sekedar rasa kenyang.
 

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sangat beragam, Anda tidak bisa mendapatkan semua nutrisi tersebut hanya dengan mengkonsumsi satu jenis makanan saja. Jika Anda sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi saat berpuasa, maka bisa menghindarkan rasa lelah dan lemas pada siang hari. Lalu apa saja jenis makanan sehat tersebut, simak ulasan berikut ini:

  1. Aneka sayur-sayuran. Ada tiga jenis sayuran yang khasiatnya luar biasa yaitu bayam, brokoli dan wortel. Ketiga jenis sayuran ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ketiga jenis sayuran ini juga terbilang mudah dalam pengolahannya.
  2. Daging dan ikan. Daging dan semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Akan tetapi, pilihlah bagian daging yang rendah lemak untuk mengontrol jumlah asupan kalori didalam tubuh.
  3. Berbagai produk susu. Susu adalah sumber kalsium yang paling baik. selain itu, rutin minum susu juga dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi dikarenakan kalsium memiliki sifat yang dapat mencegah penggumpalan darah, menstabilkan detak jantung dan memperlancar penyampaian implus syaraf.
  4. Buah-buahan segar. Ada banyak sekali jenis nutrisi yang terkandung didalam buah-buahan segar, mulai dari beragam vitamin hingga mineral yang sudah pasti akan dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hari. Terutama untuk jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi akan sangat baik untuk proses metabolisme tubuh.

Selain memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi setelah berpuasa seharian, akan lebih baik jika pada saat berbuka tidak langsung mengisi perut Anda dengan berbagai makanan dan minuman dingin agar lambung tidak kaget. Awali dengan jenis makanan yang manis atau makanan hangat terlebih dahulu, seperti air putih dan kurma merupakan pembuka yang sangat dianjurkan saat Anda akan berbuka puasa.

Itulah beberapa cara cerdas memilih makanan sehat saat sedang berpuasa. Dengan menerapkan cara di atas secara benar, sudah pasti Anda bisa memenuhi nutrisi tubuh dengan mudah. Karena menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu Anda tidak boleh mengabaikan asupan makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi terutama pada saat berpuasa, karena waktu makan hanya pada malam hari saja.
Disqus Comments