Sabtu, 02 Juni 2018

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri Dirumah

Oli merupakan salah satu cairan pelumas yang memiliki peranan penting pada sebuah kendaraan bermotor. Cairan ini tidak hanya berfungsi sebagai pelumas agar performa mesin selalu baik saat digunakan, namun juga berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin dan sebagai penyekat. Untuk Anda para pengendara motor dan telah memahami tentang seluk beluk jenis kendaraan roda dua ini tentunya sudah memahami pentingnya cairan pelumas oli untuk motor Anda.
 

Pada umumnya penggantian oli motor disarankan untuk dilakukan secara rutin maksimal jika kendaraan tersebut sudah digunakan untuk melaju pada jarak 2.000-3.000 kilometer. Cara mengganti oli motor sebenarnya juga terbilang mudah dan Anda juga bisa melakukannya sendiri dirumah.

Ada baiknya jika Anda memperhatikan keterangan yang terdapat pada buku motor Anda terlebih dahulu mengenai berapa banyak oli yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap jenis mesin motor memiliki kebutuhan oli yang berbeda-beda, seperti pada mesin motor matic yang biasanya membutuhkan oli sebanyak 0,8 ml dan jenis motor sport sebanyak 1,0 ml. Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena idealnya dalam pengisian pelumas oli tidak boleh melebihi ambang batas, yaitu harus tepat antara garis low dan full. Selain itu, karena proses mengganti oli sebenarnya juga terbilang mudah, maka tidak ada salahnya jika Anda melakukannya sendiri dirumah. Caranya adalah:

  1. Siapkan oli baru dan peralatan pelengkap untuk mengganti oli motor seperti kunci sok, kunci ring dan kunci pas sesuai ukuran tutup oli pada bagian bawah motor Anda. Masih ada alat lain seperti tang, wadah penampung oli bekas, kain lap bersih, dan corong untuk menuangkan oli.
  2. Letakkan wadah penampung oli bekas di bagian bawah tutup oli, kemudian buka tutup tersebut menggunakan kunci dengan menekannya dari kanan ke kiri.
  3. Setelah tutup olinya terbuka, maka oli bekas otomatis akan mengalir ke wadah penampung. Bersihkan tutup oli dan beberapa komponen pelengkapnya serta pinggiran lubang oli dengan menggunakan kain lap.
  4. Setelah aliran pelumas oli telah berhenti, tutup kembali lubang oli tersebut dan pastikan posisinya telah kencang dengan memutarnya menggunakan kunci dari arah kiri ke kanan.
  5. Setelah itu, langkah terakhir adalah buka tutup oli bagian atas dengan menggunakan tang yang sudah disiapkan dan lapisi dengan kain bersih kemudian tuangkan oli barunya.

Dengan mengikuti cara di atas secara benar, sudah pasti Anda bisa mengganti pelumas oli pada kendaraan motor Anda sendiri di rumah dan bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu datang ke bengkel. Sebagai tambahan, jangan panik ketika Anda menyalakan mesin setelah mengganti oli baru apabila ada asap yang keluar dari bagian bawah motor, karena asap tersebut berasal dari oli yang tercecer pada permukaan leher knalpot dan menguap karena panas.
Disqus Comments