Selasa, 12 Juni 2018

Menilik Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW yang Wajib Anda Tiru

Rasulullah SAW merupakan sosok yang diciptakan oleh Allah SWT sebagai suri teladan bagi setiap insan yang ada di dunia ini. Berbagai kesempurnaan, tentunya dapat kita temukan dalam diri Rasulullah SAW, dimana kesempurnaan inilah yang patut kita contoh dan kita jadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan. Salah satu contoh dan keteladanan dari Rasulullah yang memang wajib kita contoh adalah gaya hidup sehat yang beliau terapkan dalam diri dan keluarganya. Tidak hanya akan membawa manfaat bagi kesehatan tubuh saja, namun gaya hidup sehat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW akan membawa kebaikan secara menyeluruh dalam diri kita. Berikut ini pola gaya hidup sehat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW dalam keseharian beliau: 

 
  • Hanya mengkonsumsi makanan yang halal dan baik.

Dalam keseharian beliau Rasulullah SAW hanya mengkonsumsi makanan yang baik dan dihalalkan bagi umat muslim. Makanan seperti ikan laut segar, buah-buahan segar seperti buah tin, delima, zaitun dan anggur, serta daun dan biji-bijian menjadi makanan yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah SAW dalam keseharian beliau. Setiap pagi pun beliau selalu menyempatkan diri untuk mengkonsumsi segelas air yang dibuat dengan menggunakan campuran madu. Selain dapat menjadi bahan pengobatan berbagai penyakit, madu pun juga dikenal sebagai bahan penambah sistem kekebalan tubuh dalam diri manusia.

  • Tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Hal tersebut memang sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, dimana beliau menyarankan bagi umatnya untuk segera mengambil makan sebelum lapar dan menghentikan makanan tersebut sebelum terasa kenyang. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan memang akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, karena selain dapat meningkatkan produksi asam lambung, kelebihan dalam berbagai zat yang dikandung makanan tersebut pun dapat mengakibatkan gangguan pada sistem kesehatan.

  • Selalu patuh terhadap Perintah Allah

Dengan menjalankan berbagai perintah yang diwajibkan oleh Allah, maka diri kita pun dapat terhindar dari berbagai makanan yang buruk dan tidak halal. Hal inipun juga dilakukan oleh suri teladan kita Rasulullah SAW, dimana beliau selalu memanjatkan doa sebelum dan sesudah makan, serta tidak memakan berbagai jenis makanan yang haram dan disembelih tanpa mengucapkan nama Allah SWT.

Selain hal tersebut diatas, Rasulullah SAW pun sangat menganjurkan bagi umatnya untuk tidur tidak terlalu malam, agar nantinya dapat bangun di sepertiga malam untuk dapat melakukan salah tahajud. Begadang bukanlah hal yang disenangi oleh Rasulullah karena beliau selalu mengistirahatkan diri selepas waktu isya. Melakukan olahraga secara teratur pun juga menjadi kebiasaan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari beliau, dimana beliau selalu mengajak keluarga untuk dapat berolahraga berkuda, memanah serta berenang. Dengan meniru contoh kehidupan rasulullah yang sehat inilah, maka kesehatan dalam diri kita akan dapat terjaga dengan sendirinya.
Disqus Comments