Minggu, 02 September 2018

Perangkat Home Theater dan Merk Teratas Saat Ini

Anda hobi menonton film? Jika iya, Anda tentu tahu betapa dahsyatnya gelegar suara dari sound system di bioskop. Bayangkan betapa serunya kalau Anda bisa menikmati hal yang sama di rumah! Buat Anda yang ingin menikmati film atau tayangan konser musik di rumah dengan sistem yang menggelegar, memiliki home theater adalah solusinya. Perangkat ini merupakan seperangkat alat elektronik berupa sistem audio (dan video), yang di-setting hingga menyerupai sound system yang di bioskop. Fungsi dari peralatan ini adalah:

Gambar terkait

  • Menghasilkan audio yang semirip mungkin dengan bioskop.
  • Memberikan kualitas visual atau gambar yang terbaik melalui televisi layar lebar.
  • Membuat Anda lebih ‘masuk’ dan menghayati film yang Anda tonton.

Home theater sendiri tidak hanya terdiri dari seperangkat speaker saja, melainkan terdiri dari kombinasi:

  • Televisi

Untuk menyaksikan video yang akan diputar, Anda akan memerlukan TV dengan ukuran minimal 27” sehingga gambar yang terlihat lebih besar dan jernih.

  • Sistem speaker

Setidaknya, perangkat untuk bioskop di rumah ini harus punya speaker dan subwoofer. Sistem speaker yang ideal adalah speaker 5.1 atau 5 buah speaker dengan surround system, dan bisa dipasang di sekeliling televisi, yang membuat suara yang keluar mantap.

  • Amplifier surround

Menciptakan efek audio yang membuat penonton seakan-akan berada di dalam aksi film yang ditonton.

  • Pemutar DVD/Blu-ray

Perangkat dalam sistem ini juga harus disertai dengan pemutar DVD atau Blu-ray, sehingga Anda bisa memutar film di sistem tersebut.

  • Fitur pendukung

Tidak selalu harus ada, tetapi merupakan nilai plus sendiri jika disertakan, seperti karaoke, radio FM, internet, port USB, dll.

Banyak merk-merk ternama yang bersaing untuk memberikan perangkat terbaik bagi para penggemar fanatiknya. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Sony BDV-E3100

Perangkat ini dikendalikan dengan bluetooth, mempunyai kualitas audio yang mantap, dengan sistem Wi-fi built-in, yang membuat Anda bisa streaming musik maupun dari perangkat bluetooth lain.

  • Onkyo HT-S3500

Terdapat 4 HDMI input untuk 3D, WRAT Amplifier Technology yang memberikan suara jernih, dan memberikan performa menakjubkan.

  • Samsung HT-5500W

Rear wireless speaker, performa yang bisa diandalkan, audio HD, dan semua bisa dikontrol menggunakan remote, memberikan akses ke games, online apps, hubs, dll.

  • RCA RTD396

Sistem audio 5.1 dengan subwoofer yang memberi suara bening, plus speaker dengan kode warna berbeda untuk memudahkan menyambung kabel, dan bisa disambungkan music player seperti iPod.

Tapi ingatlah, betapa pun menggodanya sistem Home Theater yang Anda lihat di pasaran dengan segala fiturnya, Anda harus memilihnya dengan bijak menurut budget Anda. Sistem ini tidaklah murah, sehingga Anda harus mempertimbangkan masak-masak sebelum membelinya. Selain itu, pertimbangkan juga apakah Anda mempunyai tempat cukup luas untuk menampung semua peralatan tersebut.