Selasa, 11 Desember 2018

Berikut Ulasan Tentang Penyebab Sakit Gigi dan Beberapa Cara Mengatasinya

Jika ditanya pada seseorang apa sakit yang paling menyiksa, mungkin sebagian besar yang sudah merasakannya akan menyebutkan sakit gigi sebagai jawabannya. Sakit gigi bisa disebabkan karena perkara yang sepele seperti salah menggunakan sikat gigi yang kasar, namun dapat mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Seseorang yang mengalami sakit gigi bisa sampai tak bisa beranjak dari rumah karena rasa sakit di kepala. Bahkan ketika mendengar suara yang lantang saja bisa tambah menyakitkan akibat nyeri di gusi yang sampai ke saraf kepala.

Bagi mereka yang sudah pernah merasakan sakit gigi, pastinya tak ingin hal tersebut terjadi lagi. Meski begitu sering kali kita lupa untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dikarenakan kesibukan ataupun pola makan yang dilakukan sehari-hari. Akibatnya gigi kembali sakit hingga memerlukan penanganan yang serius. Padahal sakit gigi adalah hal yang bisa dicegah jika menanamkan pendidikan kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut sedari dini. Berikut ini adalah penyebab sakit gigi yang bisa Anda jadikan informasi untuk melakukan pencegahan sedari dini.

Sakit Gigi

1. Gigi berlubang.

Gigi berlubang adalah penyebab sakit gigi yang sering terjadi. Email gigi yang terkikis akan membuat pertahanan gigi menjadi berkurang sehingga kuman akibat makanan yang tersisa mampu melubangi gigi tersebut. Secara rinci, penyebab gigi berlubang lainnya adalah:

  • Cara menyikat gigi yang salah.
  • Jarang menyikat gigi.
  • Jarang menyikat gigi.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis.
  • Karies pada gigi.

2. Radang gusi.

Radang gusi juga menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada gigi. Radang gusi ini terjadi karena beberapa sebab diantaranya adalah terjadinya timbunan plak pada gigi yang membuat bagian dasar gigi menjadi lebih terangkat dan memperlihatkan gusi dalam.

Kedua sebab tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi antara 1 hingga 2 hari. Bahkan jika terlalu parah, Anda bisa merasakannya lebih lama sehingga pasti sangat mengganggu aktifitas. Untuk mencegahnya tentu saja hal yang perlu dilakukan adalah mengupayakan agar jangan sampai terjadi penyebab gigi berlubang dan radang gusi. Selain itu jika rasa sakit gigi timbul, Anda juga bisa mengandalkan beberapa obat dan treatment berikut ini untuk meredakannya:

Obat analgetik adalah obat untuk meredakan rasa nyeri. Namun obat ini tidak mengatasi masalah sebenarnya dan hanya menghilangkan gejalanya saja.

  • Kumur air garam.

Larutan elektrolit merupakan cairan yang efektif untuk meredakan nyeri karena bisa sebagai antiseptik yang membunuh kuman. Selain berkumur, garam juga bisa digunakan secara langsung dengan menjadikannya sebagai pengganti pasta gigi dan menyikat langsung gigi yang sakit.

Perasan air lemon juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit akibat nyeri pada gusi dan gigi.

  • Bawang merah.

Kunyah langsung bawang merah yang secara tradisional dikenal sebagai antiseptik dan antibiotik alami.

Cengkeh dari dahulu digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara menumbuknya lalu menempelkannya pada bagian gigi yang sakit.


Itulah beberapa penyebab sakit gigi yang harus Anda hindari untuk mencegah terjadinya rasa sakit yang luar biasa. Namun jika sudah terlanjur merasakan sakit gigi, Anda tak perlu berkecil hati karena ada banyak pilihan obat baik yang kimia maupun tradisional yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala sakit gigi tersebut. Jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi dan melakukan penanganan yang lebih menyeluruh.
Disqus Comments