Minggu, 08 September 2019

7 Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Tanpa Modal

Mahasiswa biasanya memiliki pemikiran yang kreatif dan mampu membaca sebuah peluang. Apalagi sebuah peluang usaha sampingan yang mampu menebalkan dompet mahasiswa yang biasanya kosong. Usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa tanpa harus mengeluarkan modal. Jangan salah, biarpun tanpa modal usaha yang ditekuni ini akan memampu memberikan peluang dengan keuntungan yang besar ke depannya. Dengan begitu sebagai mahasiswa, kita tidak perlu repot meminta kepada orang tua untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan kita.

7 Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Tanpa Modal

Usaha Sampingan Mahasiswa

7 Peluang usaha bagi mahasiswa tanpa modal yang menjanjikan, berikut ini contohnya :

1. Bisnis online

Mahasiswa bisa mencoba membuka bisnis online seperti online shop. Pasalnya bisnis online shop tidak membutuhkan modal yang besar dibandingkan dengan membuka toko konvensional. Jadi bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa.

Online shop bisa dipasarkan melalui media sosial seperti facebook, ig, whatsapp. Selain itu online shop bisa juga bergabung dalam ecommerce agar jangkauan pasar lebih luas hingga seluruh Indonesia. Untuk bisnis online sendiri beragam, kamu bisa menjual jual baju muslim, sepatu, kuliner, dan lain-lain. Adapun jenis bisnis online yang akan kamu geluti, kamu bisa menyelami apa yang menjadi passion dan kesukaanmu.

2. Bisnis reseller

Bisnis reseller juga bisa dilakukan oleh mahasiswa. Bisnis reseller adalah suatu bisnis yang menjualkan kembali produk-produk dari seorang dropshiper. Jadi peran anda disini adalah sebagai seorang marketing. Bisnis reseller tergolong usaha yang dilakukan tanpa modal dan stok barang. Biarpun begitu bisnis reseller ditekuni akan memberikan keuntungan yang besar.

Kamu bisa menjual ribuan produk unggulan dari dropshiper. Hanya bermodalkan gambar atau foto produk, kamu bisa memasarkannya secara online via media sosial, misalnya : platform instagram, facebook, dan whatsapp. Keuntungan lain dari bisnis reseller adalah kamu tidak perlu melakukan stok opname dan pengiriman bisa langsung dari dropshiper ke konsumen. Beberapa dropshipper menyediakan produk-produk tanpa brand yang bisa dicostume sesuai brand milik kita.

3. Bisnis jual pulsa elektrik

Bisnis jual pulsa elektrik juga bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa dengan modal minim. Kamu hanya perlu mencari agen chip pulsa murah sebagai langkah awal. Setoran modal awal biasanya Rp 100.000. Pengelolaan yang baik pada bisnis jual pulsa elektrik akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Bayangkan keuntungan sekali transaksi adalah Rp 1.500 hingga Rp 2.000. Tips dalam bisnis jual pulsa elektrik adalah kamu hanya menjual pulsa Rp 5.000 hingga Rp 20.000 agar keuntungan yang kamu dapat lebih optimal.

Sedangkan yang perlu kamu waspadai adalah orang-orang yang membeli pulsa kamu dengan sistem utang. Terlebih jika pembeli pulsa adalah kerabat atau kenalan. Sebaiknya kamu harus memikirkan trik untuk menanggulangi masalah utang pembayaran pulsa.

4. Bisnis les privat

Bisnis les privat adalah memberikan les secara privat kepada murid SD, SMP dan SMA. Jika kamu mahasiswa jurusan ilmu eksak, kamu bisa memberikan les privat seperti matematika, IPA, biologi, kimia, fisika, dan matematika. Sedangkan jika kamu mahasiswa bahasa/sosial, kamu bisa memberikan les bahasa, geografi, sejarah, ekonomi. Keuntungan bisnis les privat adalah menambah uang saku bagi mahasiswa dan memperdalam materi. Bisnis ini cocok sangat laris menjelang ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi.

5. Bisnis jual snack dan air mineral

Kamu bisa mencoba berbisnis menjual snack dan air mineral di kampus. Peluang bisnis ini cocok diterapkan pada saat jeda pergantian kuliah. Biasanya mahasiswa akan merasa lapar dan haus setelah jam kuliah selesai. Mereka akan mencari snack dan air mineral. Hal inilah menjadi kesempatan kamu untuk menaruh snack dan air mineral di dalam kardus dan menaruhnya di tempat-tempat strategis misalnya tempat nongkrong mahasiswa menunggu jam mata kuliah selanjutnya.

6. Bisnis jasa ketik makalah

Banyak mahasiswa jaman sekarang yang malas membuat tugas makalah dari dosen. Peluang ini dapat kamu manfaatkan untuk membuka bisnis jasa ketik makalah. Kamu akan mendapatkan uang tambahan sekaligus memperdalam materi yang kamu terima di bangku perkuliahan. Lagipula modal yang kamu butuhkan hanya seperangkat laptop.

7. Bisnis jual buku

Buku dan mahasiswa tidak bisa lepas. Mahasiswa membutuhkan buku sebagai panduan dalam pembelajaran mereka. Dengan begini kamu bisa menjual buku-buku yang dibutuhkan mahasiswa. Mulai dengan menjual buka ke teman serombol kamu dan berkembang ke semua teman jurusan. Bisa juga kamu menjual buku bekas ke adik tingkatmu.

Itulah beberapa jenis khusus mahasiswa yang bisa dibilang tanpa modal. Tinggal cari rekanan bisnis usaha sampingan yang tepat saja
Disqus Comments