Rabu, 04 September 2019

Peluang Usaha Kecil Menengah

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, banyak peluang usaha yang terbuka lebar bagi mereka yang kreatif dan mau berinovasi. Meski termasuk dalam jenis Usaha Kecil Menengah namun omset yang didapatkan bisa terbilang cukup menggiurkan. Misalnya saja peluang Usaha Kecil Menengah di bidang kerajinan enceng gondok.

Peluang Usaha Kecil Menengah

Enceng gondok merupakan salah satu tanaman air yang dapat dengan mudah kita temukan. Tanaman ini sering dianggap sebagai tanaman pengganggu karena dapat merusak ekosistem perairan. Namun, dengan tangan-tangan yang kreatif, tanaman ini dapat disulap menjadi suatu kerajinan yang mempunyai nilai estetika serta nilai jual yang cukup tinggi.

Macam-macam Kerajinan yang Dapat Dibuat dari Enceng Gondok

Populasi enceng gondok yang pesat di daerah perairan ternyata bukan hanya membawa pengaruh negatif, namun juga membawa pengaruh positif bagi para pengrajin Indonesia. Banyak bahan-bahan kerajinan yang dapat dibuat dari tanaman air ini, antara lain :

• Tas Enceng Gondok
• Sandal Enceng Gondok
• Taplak Enceng Gondok
• Topi Enceng Gondok
• Dompet Enceng Gondok
• Tempat Tisu Enceng Gondok
• Lampion Enceng Gondok
• Kursi Pelaminan Enceng Gondok

Cara Membuat Kerajinan dari Eceng Gondok

Untuk membuat kerajinan berbahan dasar enceng gondok, terdapat beberapa tahapan yang harus Anda lakukan antara lain :

1. Mencari Enceng Gondok

Saat Anda ingin membuat kerajinan dari enceng gondok maka hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari enceng gondok. Enceng gondok dapat dengan mudah Anda temukan di wilayah perairan seperti kolam dan aliran sungai. Namun, bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mencari enceng gondok, Anda dapat membeli enceng gondok yang telah kering dan siap dipakai.

2. Mencuci Enceng Gondok

Setelah Anda mendapatkan enceng gondok maka selanjutnya Anda harus mencuci enceng gondok tersebut hingga bersih dan menghilangkan baunya yang kurang sedap. Untuk membersihkan kotoran yang melekat pada enceng gondok, Anda dapat mengalirkan air bersih dan membanting-banting daunnya.

3. Memisahkan Enceng Gondok Dari Tangkai

Jika enceng gondok telah bersih maka Anda dapat memisahkan enceng gondok dari tangkainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan bahan mana yang cocok untuk tas atau jenis kerajinan yang lainnya. Enceng gondok mempunyai sifat yang keras dan ulet sehingga untuk memisahkan daun dan tangkai, Anda dapat menggunakan gunting atau pisau yang memiliki ukuran besar.

4. Mengeringkan Enceng Gondok

Setelah proses pemisahan telah selesai dilakukan maka tahap selanjutnya Anda harus melakukan proses pengeringan. Anda dapat mengeringkan enceng gondok dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung, memakai oven maupun memakai alat pengering lainnya. Namun dari berbagai cara tersebut, menjemur di bawah sinar matahari langsung akan menghasilkan enceng gondok dengan kualitas terbaik.

5. Membuat Pola Kerajinan

Setelah proses pengeringan selesai dilakukan maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat pola kerajinan. Jika Anda telah memiliki pola maka Anda dapat lebih mudah dalam membuat produk yang akan Anda buat.

6. Menganyam Eceng Gondok

Jika pola telah selesai dibuat, Anda tinggal menganyam enceng gondok sesuai dengan pola yang telah Anda buat. Biasanya para produsen membuat produk dengan desain yang unik dan berbeda-beda dalam jumlah sedikit dengan tujuan agar produk laris di pasaran dengan harga jual yang tinggi.

7. Finishing

Tahap finishing merupakan tahap terakhir saat kita membuat kerajinan enceng gondok. Anda dapat menambahkan kain, warna dan aksesoris agar produk yang Anda buat terlihat lebih cantik. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan produk agar tidak ada barang yang cacat atau rusak saat akan dipasarkan.

Kerajian Enceng Gondok Peluang Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Membuat kerajinan dari enceng gondok dapat Anda lakukan sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak sedikit para pengrajin enceng gondok yang dapat memasarkan produknya hingga ke mancanegara. Sebagai contohnya, Bag Gendis karya dokter gigi Ferry Yuliana dan Aryani Art karya Yuyun Kadarini Zunnur’Aini.

Sebagai pengrajin enceng gondok mereka dapat meraih omset hingga jutaan rupiah dari berbagai produk yang mereka buat. Memang ide-ide kreatif harus selalu dikembangkan agar dapat terus bersaing baik di pasar dalam negeri maupun di pasar internasional. Jadi teruslah berkarya untuk menghasilkan produk terbaik.

Itulah sekilas uraian mengenai peluang Usaha Kecil Menengah di bidang kerajinan enceng gondok. Selain berperan membantu mengurangi pencemaran air, kerajinan enceng gondok juga berperan dalam menambah sumber devisa negara. Semoga bermanfaat.
Disqus Comments