Minggu, 19 Januari 2020

5 Ide Bisnis Online Potensial untuk Dilakukan Tahun 2020

Banyak rekomendasi bisnis online tanpa modal yang dapat dilakukan mulai dari sekarang. Namun, sudahkah Anda mengetahui pilihan potensial khusus tahun 2020? Jika belum, mari pelajari bersama-sama lewat penjelasan dalam artikel ini. Mudah, praktis, namun harus dilakukan secara hati-hati!

Salah satu cara untuk menuntaskan hasrat pribadi membuka usaha serta mendulang uang adalah bisnis online. Banyak orang yang menggerakkan hal tersebut, namun tak sedikit pula yang gagal karena salah menjalankan strategi. Maka dari itu, semuanya butuh konsep dan strategi ampuh.

5 Ide Bisnis Online Potensial untuk Dilakukan Tahun 2020

Sebelum menjalankan bisnis online, pikirkan kebutuhan apa yang bisa Anda penuhi pada masyarakat. Baik usaha barang maupun jasa, semua itu perlu dilihat dari lingkungan sekitar. Jika sudah matang, barulah memikirkan strategi agar usaha Anda unggul saing dengan kompetitor.

Tak ayal, bisnis online juga berbicara soal teknik pemasaran digital yang ampuh. Pemahaman seperti SEO, SEM, hingga pengelolaan media sosial yang baik adalah kunci menuju kesuksesan. Sebagai rekomendasi, simak poin-poinnya di bawah ini...
5 Ide Bisnis Online Potensial Tahun 2020

1. Membuka Online Shop

Membuka Online Shop


Ide bisnis pertama untuk digerakkan tahun 2020 adalah membuka online shop. Ya, cara yang satu ini masih dan akan terus relevan dari dahulu sampai sekarang. Pilihan bentuk untuk Anda lakukan nyatanya beragam, bisa reseller atau menjual barang produksi sendiri.

Marketplace yang dipakai buat berjualan bisa dipilih, contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shopee, hingga skala internasional seperti Ebay, Etsy dan lain-lain. Sebagai upaya branding, lakukan pula penjualan lewat media sosial seperti Facebook hingga Instagram ynag paling populer.

2. Jasa Freelance Konten

 Jasa Freelance Konten

Bagi Anda yang memiliki kemampuan tertentu dalam membuat konten, membuka jasa freelance bisa jadi pilihan bisnis online yang menarik. Berbagai macam keahlian tersebut meliputi desain, penulisan hingga pengelolaan media sosial untuk individu atau lembaga tertentu.

Terlepas dari latar belakang pendidikan, jasa freelance konten dapat dilakukan jika Anda memang memiliki passion pada bidang tersebut. Banyak perusahaan di tahun 2020 yang membuka jasa freelance konten, sehingga manfaatkan peluang tersebut sebaik-baiknya!!

3. Web Developer

Web Developer

Seorang web developer atau pengembang situs begitu dibutuhkan di era yang serba digital ini. Profesi yang satu ini menuntut agar Anda tahu cara membangun situs web dari nol sampai siap dipakai. Sama seperti konten, kemampuan pengembangan web bisa dilakukan secara otodidak.

Agar bisnis online menjadi web developer lancar, Anda perlu belajar coding yang biasanya memakan waktu lama serta kerja keras. Desain web juga perlu dipelajari agar Anda tahu 

4. Tutorial atau Pelatihan Online

Tutorial atau Pelatihan Online

Orang-orang tak segan mengambil kursus tutorial dan pelatihan online demi meningkatkan kualitas diri. Cara tersebut sangatlah efisien, mengingat dia tak perlu pergi ke luar rumah dan cukup stand-by di depan komputer. Mengapa tak jadikan ini bisnis onlineAnda saja?

Faktanya, banyak permintaan tinggi untuk pelatih dan konsultan di bidang tertentu. Sebagian besar berkutat kesehatan, kebugaran, dan pemasaran online. Topik pelajaran seperti bahasa, keterampilan dan lainnya, turut diperhitungkan pada tahun 2020 sekarang. Potensial!

5. Monetisasi Blog

Monetisasi Blog

Pada tahun 2020, memulai blog lebih mudah ketimbang dekade sebelumnya. Salah satu bisnis online potensial yang satu ini bisa jadi ladang penghasil uang. Namun ingat, Anda tidak hanya memulai blog dan mengharapkan uang mengalir. Perlu kiat dan strategi secara jitu!

Buatlah konten yang bersifat menghibur, menginformasikan, namun tetap mendidik. Tak perlu memaksakan, cukup ulas topik yang Anda minati semisal olahraga, musik, atau traveling. Setelah itu pasanglah iklan baik dari Google Ads maupun membuka jasa buat orang lain.

Itu tadi 5 ide bisnis online yang bisa Anda jalankan mulai sekarang di tahun 2020. Masih banyak lagi rekomendasi usaha untuk dilakukan, sehingga pilihlah secara bijak. Selamat mencoba!
Disqus Comments