Selasa, 21 April 2020

Cara Tepat Penggunaan Masker Kain Cegah Virus Corona

Dalam mencegah infeksi virus corona WHO dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan untuk menggunakan masker ketika sedang berada diluar meskipun dalam keadaan sehat. Masker bedah merupakan masker yang cukup banyak dijual di apotek namun kini mulai langka ditemukan, memiliki harga tang terjangkau. Masker bedah memiliki 3 lapisan dengan 2 lapisan pada bagian luar dan satu pada lapisan tengah yang memiliki fungsi sebagai filter dan masker ini mampu mencegah penularan sebanyak 80% dan masker ini digunakan oleh orang sakit untuk mencegah penyebaran kuman, virus dan bakteri, masker ini untuk sekali pakai dan akan longgar setelah digunakan yang memungkinkan partikel masuk dalam sisi masker.

Terdapat juga masker N95 adalah masker yang paling sering digunakan dan disarankan selama adanya pandemi virus corona. Masker ini memiliki harga yang mahal dibanding masker bedah dan penggunaan masker ini tidak cocok untuk anak-anak karena tidak pas dan didesain khas untuk menutup mulut dan hidung orang dewasa, masker ini untuk penggunaan harian tidak disarankan karena dapat menyebabkan gerah, sulit bernapas, tidak nyaman untuk waktu yang lama. Masker gas digunakan untuk melindungi diri dari uap dan gas berbahaya mampu digunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan memiliki filter untuk bahan kimia, sulit ditemui untuk kehidupan sehari-hari dan masker ini masih kurang untuk menyaring partikel udara.

Ada juga Masker N99 yang lebih efektif digunakan untuk menyaring virus dan polusi dan masker ini ampuh untuk mikropartikel dengan nilai dibawah PM 2,5 memiliki 6 lapisan dan tersedia dua katup udara pada kiri dan kanan masker. Jenis masker ini berbeda dengan N95 dan digunakan untuk sekali pakai dengan tingkat efektif penggunaan 3 hingga 4 jam dalam pemakaian satu hari dan cukup tidak nyaman karena bahannya kaku karena tidak bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah. Masker P95 yang digunakan untuk menyaring partikel bahaya seperti virus dan debu dari udara, memiliki respirator yang mampu menyaring partikel dengan kandungan minyak, aman digunakan selama 40 jam untuk penggunaan 30 hari dengan penyaringan aerosol hingga 95 persen. Masker R95 yang digunakan untuk menghalau polutan berbasis minyak dan mampu bertahan selama 8 jam dan jika menggunakan melebihi batas pemakaian akan menyebabkan cedera.

Cara Tepat Penggunaan Masker Kain Cegah Virus Corona

Ditengah banyaknya orang yang belum memiliki masker maka banyak yang menggunakan jenis masker kain. Syarat dari masker kain adalah masker harus menutupi bagian dari pangkal hidung dan sebagai besar dari pipi yang persis bentuknya dengan masker bedah. Masker kain harus memiliki tali pengikat atau juga karet telinga untuk dikaitkan pada telinga sehingga akan tetap berada ditempat yang sama.

Selain itu, syarat masker kain harus memiliki 3 lapisan, dengan menggunakan material Johns Hopkins medicine dengan menggunakan katun 100%. Kain katun tenun tanpa adanya campuran dari benang lain dan pilih kain yang tidak mudah melar ketika ditarik. Sebaiknya masker jangan terlalu tebal karena dapat menghalangi jalan napas.


Penggunaan masker kain untuk mencegah virus corona cukup efektif saat ini karena memiliki harga lebih hemat dan mudah didapat. Dengan menggunakan masker kain maka tenaga medis tidak kekurangan masker medis yang seharusnya digunakan untuk melindungi diri ketika merawat pasien positif. Beberapa alasan ini membuat penjualan masker kain cukup dicari namun masker kain harus sering dicuci setelah digunakan dan sebaiknya tidak menyentuh wajah setelah melepas masker.
Disqus Comments