Kamis, 18 Juni 2020

Keutamaan Infaq di Jalan Allah

Dalam menjalankan syariat agama Islam, terdapat 3 hal yang perlu dipenuhi oleh seluruh umat Islam diantaranya adalah iman, Islam, dan ihsan. Ketiganya merupakan suatu perintah yang perlu dipenuhi oleh seluruh umat Islam untuk menyempurnakan agamanya. Salah satu bagian dari ketiganya yang tidak boleh sampai dilupakan adalah berinfaq. Berinfaq bisa dilakukan sejak dini agar terbiasa untuk berbuat baik kepada sesama dan membersihkan harta dengan cara yang benar.

Keutamaan Infaq di Jalan Allah

Ketika melihat orang lain yang kekurangan dan membutuhkan bantuan, maka sebagai orang yang mengetahuinya wajib membantu dengan penuh rasa ikhlas dan kasih sayang. Berinfaq adalah mengeluarkan sebagian harta yang Anda miliki untuk disedekahkan di jalan Allah. Memberikan infaq kepada yang membutuhkan atau suatu tempat yang digunakan untuk beribadah. Selain memberikan manfaat kepada penerimanya, ternyata berinfaq juga bermanfaat untuk pemberinya lho!

Inilah Keutamaan Infaq di Jalan Allah

Oleh sebab itu, berinfaq memiliki keutamaan yang wajib diketahui seluruh umat Islam agar termotivasi dan sadar untuk selalu berinfaq baik saat kaya ataupun saat miskin. Sebenarnya apa saja keutamaan berinfaq yang perlu kita fahami? Berikut adalah keutamaan berinfaq di jalan Allah yang patut untuk kita lakukan!

  1. Menyucikan Diri dan Harta

Dalam mencari rezeki, kita mungkin tidak sadar bahwa harta yang masuk tidak sepenuhnya milik kita dan disana terdapat hak orang lain yang perlu untuk kita tunaikan. Oleh karenanya, dengan menginfaqkan sebagian harta di jalan Allah harta yang bukan milik kita bisa tersalurkan dengan baik. Selain itu kita bisa menyucikan diri dan juga harta selama hidup di dunia agar senantiasa diberi harta yang halal, berkah, dan selamat dunia akhirat.

  1. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan selanjutnya adalah Allah memberikan pahala yang berlipat ganda pada seseorang yang menginfaqkan hartanya secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi dengan niat mendapatkan ridho Allah. Berinfaq adalah salah satu perbuatan yang sangat dihargai oleh Allah, karenanya Allah tidak segan-segan memberikan pahala yang lebih besar kepada hamba yang melakukannya.

  1. Mendapatkan Imbalan di Dunia

Selain mendapatkan keuntungan diakhirat, berinfaq juga memberikan keuntungan di dunia yaitu diberinya rezeki yang berlipat ganda melalui jalan yang tidak di sangka-sangka. Dalam berinfaq, Anda tidak perlu takut kehabisan harta karena bersedekah, Allah berjanji akan melipatgandakan rezeki yang Anda miliki.

  1. Hati Menjadi Tenang

Semua orang pasti pernah merasakan hatinya tenang setelah melakukan berbagai hal yang positif, ternyata berinfaq juga mampu memberikan rasa tenang pada pelakunya terutama jika sedang menghadapi sebuah masalah yang menyulitkan. Allah akan menjadikan tenang hati para hambanya yang berbuat baik dan mengangkat berbagai beban yang sedang dirasakan.

  1. Terhindar dari Berbagai Musibah

Semua orang pasti tidak ingin mendapatkan musibah yang berat. Salah satu wujud dari melimpahnya rezeki karena berinfaq adalah dihindarkan dari berbagai musibah di dunia dan di akhirat. Dengan selalu berinfaq di jalan Allah, Allah akan menutup 70 pintu kejahatan yang membahayakan dan diselamatkan dari berbagai marabahaya.

  1. Menambah umur

Siapa sangka bahwa berinfaq adalah salah satu perbuatan yang mampu menambah umur. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena orang yang selalu berinfaq memiliki kualitas hidup dan kualitas diri yang sangat baik, hati menjadi tenang, dan tidak pernah terbebani dengan urusan dunia. Dengan hati yang tenang dan mindset yang positif seseorang yang berinfaq dipercaya memiliki umur yang lebih panjang atas kehendak Allah.

  1. Menyembuhkan Penyakit

Berinfaq kepada orang yang sakit adalah salah satu perbuatan yang perlu dicontoh karena mampu meringankan beban orang yang sakit. Selain bermanfaat bagi orang yang sakit, berinfaq juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit hati orang yang berinfaq seperti penyakit iri, dengki, sombong, pelit, dan sebagainya. Oleh sebab itu tetaplah berbuat baik kepada orang lain apapun keadaannya dengan syarat tidak mengharapkan imbalan.

  1. Meninggal dengan Khusnul Khotimah

Semua orang muslim pasti ingin meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Dicabutnya roh adalah saat yang paling sakit yang akan dialami oleh seluruh manusia. Namun rasa sakit akan dihilangkan oleh Allah untuk orang-orang beriman yang suka berinfaq dan membantu orang lain yang sedang kesusahan. Semoga kita menjadi hamba yang meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

  1. Dibebaskan dari Siksa Kubur

Siksa kubur adalah salah satu adzab yang sangat ditakuti seluruh umat muslim yang beriman. Jika sudah meninggal dan berada di alam kubur, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh malaikat untuk menghisab berbagai perbuatan yang dilakukan di dunia akan dirasakan. Bagi orang yang suka berinfaq, ketika berada di dalam kubur akan ditolong oleh infaq sehingga Allah membebaskan dari siksa kubur yang menakutkan.

  1. Selamat di Akhirat

Di dunia mulia, di alam kubur dibebaskan, dan diakhirat masuk syurga adalah balasan bagi orang-orang yang mau menginfaqkan sebagian hartanya di jalan Allah dengan ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan ataupun pujian. Orang-orang yang suka berinfaq akan digolongkan dengan golongan orang sholeh yang selamat dari ancaman siksa api neraka. Semoga menjadi hamba Allah yang selalu dilindungi di dunia dan di akhirat.

Infaq Online Cara Tepat Berinfaq di Tengah Pandemi Covid-19

Perlu Anda ingat bahwa sekarang ini adalah masa pandemi yang tidak memungkinkan kita untuk berinfaq seperti biasanya dan mengalami kesulitan, jika benar Anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat aplikasi infaq online yang bisa membantu Anda menginfaqkan sebagian harta kepada orang yang lebih membutuhkan terutama korban covid-19. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa menunaikan infaq secara online diantaranya adalah:

  1. Donwload Aplikasi Infaq Online

Pertama, Anda bisa mendowload aplikasi yang membuka donasi untuk berinfaq secara online. Pastikan aplikasi terdownload dengan sempurna, jangan lupa untuk melakukan registrasi atau daftar agar bisa berdonasi melalui aplikasi yang Anda pilih.

  1. Pastikan Aplikasi Infaq Online Terpercaya

Selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa Anda mendowload aplikasi infaq online yang terpercaya dan bisa diandalkan. Cukup banyak aplikasi infaq online yang mampu melayani secara jujur dan terpercaya. Jangan sampai Anda mendowload aplikasi palsu yang hanya memanfaatkan kebaikan orang lain demi keuntungan pribadi.

  1. Belajar Ikhlas dalam Berinfaq Online

Ini adalah salah satu kelebihan dari menunaikan infaq secara online. Dengan infaq online Anda bisa berinfaq tanpa mengharapkan imbalan, tanpa pamrih, dan berinfaq bisa menjadi lebih ikhlas. Selain itu berinfaq secara online bisa menjangkau daerah yang paling jauh sekalipun melalui aplikasi.

Keutamaan berinfaq yang disebutkan diatas adalah sedikit dari imbalan perbuatan baik yang dilakukan hanya untuk Allah. Semoga dengan mengetahui keutamaan infaq diatas kita bisa lebih semangat untuk berbuat baik dan tidak menyerah membantu sesama dengan infaq online. Semoga bermanfaat!

Disqus Comments