Selasa, 21 Juli 2020

5 Tips Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di Rumah Ketika Pandemi

Kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19 memang sulit untuk dilakukan. Hal ini menjadikan banyak tantangan. Mulai dari kegiatan sekolah yang dilakukan secara jarak jauh, ketersediaan alat, kelancaran koneksi internet, tugas belajar, sampai beragam masalah teknis lainnya.

5 Tips Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di Rumah Ketika Pandemi

Padahal, mau dilakukan di sekolah ataupun di rumah, kegiatan belajar dan mengajar haruslah optimal. Dengan begitu guru dan juga murid tidak menghabiskan terlalu banyak energi untuk hal yang tidak perlu. Walau sulit, belajar jarak jauh atau di rumah juga tetap bisa dilakukan dengan mudah.

Hanya saja, ada beberapa trik Media Pembelajaran dan mengajar yang harus disesuaikan. Terutama tentang media belajar. Melakukan kegiatan belajar dengan media visual sangatlah penting. Di dalam kelas saja, media visual bisa sangat membantu dalam proses belajar mengajar, apalagi di saat masa pandemi dan belajar jarak jauh seperti sekarang. Media visual bisa menyederhanakan proses belajar dan juga memudahkan pemahaman murid.

Seluruh tips ini berlaku untuk para pengajar maupun bagi murid. Sehingga akan sangat memudahkan kegiatan belajar. Dengan kegiatan belajar yang mudah, maka murid bisa menerima materi dengan baik.

Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk guru maupun murid di rumah, sehingga bisa melakukan kegiatan belajar dengan maksimal.

1.   Membuat area belajar khusus

Untuk para pengajar, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Karena memang pengajar perlu area khusus yang tidak memiliki banyak gangguan. Sehingga proses mengajar tidak terganggu.

Sementara untuk murid, area ini juga perlu agar anak bisa dengan mudah berkonsentrasi mengikuti proses belajar. Tidak mudah terganggu konsentrasinya.

Pilih area yang sepi di rumah. Biasanya pojokan kamar sangat bisa digunakan. Hindari tempat yang terbuka seperti area dapur, ruang keluarga, juga ruang tamu. Hal ini karena bisa menggangu aktivitas di rumah. Cobalah untuk mendekor latar belakang atau dinding rumah dengan media visual belajar.

2.   Sesi review pelajaran

Untuk murid, orangtua perlu untuk membuat sebuah sesi khusus singkat bersama anak setelah proses belajar mengajar selesai. 30 menit sesi ini cukup untuk membahas ulang pelajaran yang telah dilakukan.

Hal ini untuk memastikan bahwa anak-anak akan memiliki pemahaman yang cukup setelah belajar. Jika perlu print media belajar yang dibagikan oleh guru, dan bahas kembali dengan singkat. Anggap saja waktu ini menggantikan waktu pulang dan pergi ke sekolah.

3.   Belajar dengan aktivitas

Kegiatan murid di sekolah biasanya juga dipenuhi dengan aktivitas fisik. Apakah bermain dengan teman dan lainnya. Jangan sampai, dengan belajar di rumah, kita mengabaikan itu.

Untuk guru, berikan murid waktu untuk melemaskan otot dan lakukan stretching bersama di depan laptop dengan di sela-sela waktu belajar.

Orang tua juga bisa mengajak anak untuk tetap beraktivitas dengan bermain di halaman atau berkebun di pagi hari sebelum sekolah, atau sore hari setelah kegiatan sekolah selesai.

4.   Menggunakan media belajar visual

Ini adalah hal yang paling penting untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar. Dengan membuat media belajar visual, kita bisa mengajak anak untuk cepat menangkap pelajaran. Kini, untuk membuat poster, diagram, grafis dan lainnya juga tidak sulit. Kita bisa memanfaatkan beragam situs desain gratis.

Bahkan, kita juga bisa melibatkan anak untuk bekerja secara kelompok untuk membuat presentasi. Semua hal ini bisa dilakukan secara jarak jauh. Nantinya, setiap kelompok bisa mempresentasikan hasil karya mereka secara online.

Kita juga bahkan bisa memberikan tugas untuk anak dengan menggunakan desain menarik. Minta mereka untuk mencetak atau mengisi secara online lembar kerja yang kita buat.

5.   Berkolaborasi dengan teman

Anak-anak tentu akan senang jika mereka dilibatkan dalam kerja kelompok, terutama di masa covid-19 seperti sekarang. Mereka jarang bertemu antarteman, sehingga melibatkan mereka dalam kegiatan kelompok bisa membantu mereka tetap bersosialisasi.

Hal ini juga bisa meningkatkan teamwork mereka dengan signifikan. Ada banyak platform kolaborasi yang bisa dimanfaatkan. Google docs mulai dari document, spreadsheets, slides, dan lainnya bisa diakses oleh lebih dari satu orang. Selain itu, situs desain seperti Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat presentasi atau beragam media belajar dan media tugas lainnya.

Disqus Comments