Senin, 04 Januari 2021

Tips Keuangan untuk Anda yang Memiliki Gaji Kecil

Memiliki pekerjaan tetap menjadi salah satu hal yang patut untuk disyukuri. Karena tidak sedikit orang yang masih menjadi pengangguran meskipun sudah lulus sekolah atau kuliah. 

Namun terkadang beberapa orang mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang kecil atau pas-pasan. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan terkadang masih serba kekurangan. 

Jika hal yang sama juga terjadi pada Anda, maka cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan tips keuangan yang baik. 

Sehingga meskipun bergaji kecil, Anda tetap bisa mencukupi semua kebutuhan tanpa kekurangan suatu apapun.

Tips Keuangan untuk Anda yang Memiliki Gaji Kecil


Agar gaji kecil yang Anda dapatkan tetap bisa mencukupi semua kebutuhan hidup, bahkan tetap bisa menabung maka perlu mengatur strategi dengan baik. 

Anda perlu melakukan pengelolaan keuangan yang sebaik mungkin dengan menggunakan tips-tips berikut ini:

1. Melakukan penghematan.

Dengan kondisi gaji yang kecil atau pas-pasan, melakukan penghematan menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. 

Jangan sampai dengan kondisi gaji yang demikian, Anda melakukan pengeluaran yang berlebihan. Tentu akan beresiko membuat pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan penghasilan. 

Dan bisa saja membuat Anda tergerak untuk berhutang demi mencukupi kebutuhan. Padahal dengan gaji yang pas-pasan, sebisa mungkin harus diminimalisir berhutang karena akan membuat beban keuangan bertambah berat.

2. Selalu sisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung.

Meskipun gaji yang diterima tidak banyak, usahakan untuk selalu menabung berapapun nilai nominalnya. 

Hal ini dimaksudkan agar Anda tetap memiliki kondisi finansial yang baik meskipun tidak memiliki gaji yang tinggi. 

Sisihkan juga penghasilan untuk dana darurat. Yang mana bisa sangat membantu ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dan mendesak, seperti ketika anak sakit, membeli obat, terkena PHK, dll.

3. Mencoba mencari pekerjaan tambahan.

Jika setelah melakukan upaya penghematan dan juga rutin menabung namun gaji masih kurang mencukupi untuk kebutuhan lain, maka sebaiknya mulai coba mencari pekerjaan tambahan atau sampingan.

Jika Anda jeli melihat peluang, ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh uang tambahan. Sebut saja mulai dari berjualan online, katering makanan ataupun minuman, berjualan pulsa, dll. 

4. Membuat perencanaan keuangan.

Agar gaji yang didapatkan bisa digunakan untuk kebutuhan yang memang penting dan mencegah dari pemborosan, maka sebaiknya lakukan perencanaan keuangan setiap bulannya. 

Dengan demikian Anda bisa mengalokasikan dana untuk sesuatu yang memang direncanakan dengan baik agar tidak melebihi penghasilan. Susun rencana ini di awal bulan dan mulai terapkan setelah menerima gaji. 

Anda bisa melakukan evaluasi saat akhir bulan mengenai perencanaan keuangan yang sudah dibuat. Jika selama evaluasi menemukan ada beberapa jenis pengeluaran yang sekiranya kurang begitu penting, maka Anda bisa mengeluarkannya dari daftar perencanaan dan bisa membuat perencanaan baru yang lebih baik.

5. Segera bayarkan gaji untuk beberapa tagihan wajib.

Untuk tagihan wajib, seperti listrik, air, cicilan kredit, internet, pulsa, dll sebaiknya segera bayarkan setelah memperoleh gaji. 

Baru setelah semua tagihan wajib ini selesai dibayar, Anda bisa mulai beralih menggunakannya untuk kebutuhan yang lain. Dengan memprioritaskan tagihan wajib setelah menerima gaji, maka diharapkan Anda bisa terbebas dari resiko terkena denda yang jika dibiarkan juga akan membuat keuangan kurang sehat.

6. Manfaatkan promo atau diskon saat membeli berbagai kebutuhan bulanan.

Untuk bisa melakukan penghematan dengan gaji pas-pasan, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan. 

Salah satu caranya dengan memanfaatkan momen promo atau diskon saat membeli berbagai kebutuhan bulanan. 

Selain itu, mempertimbangkan untuk membeli dalam jumlah yang banyak sekaligus juga akan lebih menghemat biaya. Seperti ketika membeli beras, minyak, detergen, dll.

Itu tadi beberapa tips keuangan yang bisa dilakukan agar dengan gaji kecil sekalipun Anda tetap bisa memiliki keuangan yang baik. 

Karena gaji kecil jika tidak disiasati dengan baik memang akan habis untuk pengeluaran yang belum tentu jelas. Maka dari itu, gunakan berbagai tips di atas untuk membantu pengaturan keuangan. Semoga bermanfaat!. 

Disqus Comments