Senin, 22 Februari 2021

7 Cara Optimal Menyiapkan Dana di Hari Tua, Investasi Deposito Salah Satunya

7 Cara Optimal Menyiapkan Dana di Hari Tua

https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-senior-yang-bahagia-memegang-uang-di-tangan-saat-mengerjakan-laptop-di-meja-3823487/

Masa muda adalah waktu yang paling tepat untuk memikirkan karir dan masa depan. Masa sekarang bukan hanya masa yang berlalu selama kamu masih produktif, tetapi kamu juga harus memikirkan masa setelah pensiun ketika kamu berhenti produktif. Apakah terlalu dini untuk memikirkannya? Tentu saja jawabannya tidak.

Persiapan pensiun tidak bisa diatasi hanya dalam 1-2 tahun. Ingatlah bahwa mamu pensiun pada usia normal 55 tahun, misalnya. Saat kamu masih memiliki angka harapan hidup, misal hingga usia 70 tahun. Jadi siapa yang akan membiayai hidupmu pada usia 55-70 saat kamu tidak lagi produktif?

Di sinilah persiapan pensiun menjadi penting. Semakin dini kamu mempersiapkan biaya pensiun, semakin mudah kamu memenuhi kebutuhan di masa pensiun. 

Yang akan membiayai hidupmu setelah pensiun adalah hasil dari usaha selama kamu masih produktif. Dari tabungan hingga investasi deposito

Ada banyak produk investasi atau tabungan yang dirancang untuk mempersiapkan masa pensiun. Apa saja caranya? Berikut ulasannya.

7 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun

1. Segera menabung untuk persiapan dana pensiun

Saat mempersiapkan dana pensiun, baik melalui tabungan maupun investasi, tidak pernah ada kata terlalu dini. Jika kamu baru memulai, fokuslah untuk menabung sebanyak mungkin. Jika kamu mendekati pensiun, pertimbangkan untuk meningkatkan kontribusi tabungan atau bergabung dengan program jaminan sosial.

2. Hitung dengan cermat kebutuhan pensiun

Penting untuk mengetahui berapa banyak yang kamu butuhkan di masa pensiun. Jadi jangan hanya melakukan penghematan yang tidak berarti. Dengan cara ini, berinvestasi lebih mudah dilakukan dan dapat memberimu hasil yang memuaskan.

Jangan lupa untuk mengatur pola dan rencana yang tepat. Gunakan kalkulator pensiun jika perlu untuk menentukan usia berapa kamu bisa pensiun. Dan berapa banyak kamu harus berinvestasi dan menabung untuk menyelesaikannya.

3. Jangan buang waktumu, ingatlah bahwa masa depan masih panjang

Konsentrasi pada menabung hari ini, terutama jika kamu baru mulai mempersiapkan uang untuk masa pensiun. Mulailah menabung dan berinvestasi sebanyak yang kamu bisa sekarang. Biarkan aset yang kamu miliki tumbuh untuk menghasilkan pendapatan terbaik.

Hasil investasi tidak boleh dilakukan atau diinvestasikan kembali untuk menghasilkan pendapatan ganda. Semakin banyak kamu dapat berinvestasi saat masih muda, kamu akan menikmati hasilnya nanti dengan sangat baik.

4. Masukkan persiapan pensiun ke dalam anggaran belanja bulanan

Mengingat kamu tidak bisa selamanya produktif, menyiapkan dana pensiun sama seperti kebutuhan dasar bulanan lainnya. Jadi jangan sampai mengabaikan diri sendiri, karena nantinya kamu akan menyesal ketika pensiun tanpa persiapan keuangan yang memadai.

5. Jangan lupa tentang dana darurat

Idealnya, dana darurat berbentuk tabungan yang bisa ditarik kapan saja. Jumlahnya enam kali lipat pendapatan bulanan. Sangat penting untuk bersiap saat menghadapi keadaan darurat, seperti kecelakaan. Jika kamu tidak siap, kamu akan terjebak dalam hutang yang akan menjadi lebih berat nantinya.

Pilihan lainnya adalah mengikuti program asuransi kesehatan. Pastikan juga jika kamu ingin mengambil asuransi, kamu harus siap dengan anggaran rutin untuk membayar premi. Pada prinsipnya, persiapan dana pensiun dalam bentuk investasi bulanan tidak boleh dihindari.

6. Cari penghasilan tambahan

Jika penghasilan dari pekerjaan utama saat ini dirasa tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup, solusinya adalah mencari pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik. Cara lain adalah mencari pekerjaan tambahan untuk meningkatkan penghasilan.

Kegiatan tambahan ini tidak boleh mengganggu pekerjaan utama, agar kamu dapat terus bekerja. Jangan melakukan upaya sampingan yang berat. Ambil saja pengalaman ini. Karena nanti, setelah pensiun, kamu tetap bisa melanjutkan aktivitas ini. Jadi tidak hanya menghemat pengeluaran, kamu juga harus menambah penghasilan

7. Lakukan investasi jangka panjang

Periksa anggaran untuk rencana investasi jangka panjang. kamu mungkin perlu mengurangi beberapa pengeluaran dengan membuat tabungan, seperti mengurangi makan di luar atau pengeluaran lainnya. 

Biasanya, ada banyak lembar anggaran online dan kalkulator arus kas yang tersedia di Internet yang dapat membantu mencari tahu ke mana harus membelanjakan uang dan bagaimana menyiapkan anggaran yang baik.

Itulah dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Jika kamu sedang mencari tempat investasi yang aman dan mempunyai resiko rendah. Program Deposito dari digibank by DBS bisa kamu jadikan tempat berinvestasi.

Keunggulan Program Deposito dari digibank by DBS

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan digibank by DBS. 

1. Akses pakai aplikasi 24/7 

Dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang.

2. Bunga kompetitif

DBS Indonesia menawarkan bunga deposito online yang kompetitif, per tahunnya, kamu bisa mendapatkan bunga hingga 4,5 persen. 

3. Tenor waktu

Ada beberapa tenor atau jangka waktu yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial. Mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan hingga 12 bulan.

4. Jumlah setoran deposito

Untuk urusan berapa jumlah minimal yang bisa kamu depositokan, digibank by DBS menawarkan program deposito mulai dari Rp 1 juta.

Seperti itulah empat keunggulan yang ditawarkan DBS Indonesia. Yang paling menarik, kamu bisa melakukan setoran deposito online hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. 

Disqus Comments