Jumat, 13 Agustus 2021

Cara Mengolah Wortel yang Benar Supaya Kandungan Nutrisinya Tidak Hilang

Dari sekian banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia, wortel adalah salah satu jenis sayuran yang paling banyak diminati baik orang dewasa atau anak-anak sekalipun. 

Hal ini karena rasa wortel yang sangat enak dan ditambah dengan rasa manisnya serta kandungan nutrisinya yang sangat bagus untuk tubuh terutama mata. 

Tetapi satu fakta penting yang harus Anda perhatikan dengan baik bahwa ternyata wortel juga bisa kehilangan nutrisinya jika proses memasaknya tidak tepat. 

Kandungan Nutrisi Pada Wortel 

wortel

Wortel salah satu sayuran yang bisa dengan mudah kita jumpai di Indonesia. misalnya di pasar tradisional atau supermarket. 

Ditambah lagi dengan harga wortel yang sangat terjangkau dan kaya akan kandungan nutrisi yang menjadikan orang-orang sangat suka untuk konsumsi sayur satu ini. 

Salah satu contohnya yang paling terkenal adalah wortel banyak memiliki kandungan vitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. 

Selain adanya kandungan vitamin A dalam wortel, ternyata juga masih ada beberapa kandungan vitamin atau nutrisi lainnya yang ada dan dimiliki oleh wortel.

Jadi sebenarnya kandungan paling banyak yang dimiliki oleh wortel adalah air dan karbohidrat. Dan ternyata wortel juga salah satu sayuran yang hanya sedikit mengandung lemak dan protein namun sangat kaya akan vitamin. 

Salah satunya adalah vitamin A yang berupa beta karoten. Beberapa contoh kandungan vitamin yang ada dalam wortel adalah sebagai berikut:

  • Biotin
  • Vitamin K1.
  • Vitamin B6.
  • Kalium.

Selain kandungan vitamin yang sudah disebutkan tadi, ternyata wortel juga memiliki kandungan senyawa tanaman sebagai berikut alfa karoten, lutein, antosianin dan polycetylenes. 

Cara Mengolah Wortel Supaya Nutrisi Tidak Hilang

Perlu diperhatikan dengan baik-baik bahwa pada mulanya sayuran salah satunya wortel memang sangat kaya akan kandungan vitamin, namun perlu diperhatikan juga jika sampai salah dalam proses pengolahan maka hanya akan membuang gizinya saja. untuk itu, kita harus paham dan tahu tentang bagaimana cara mengolah wortel yang tepat supaya kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang:  

Direbus 

Cuci wortel terlebih dahulu sampai bersih dan jangan lupa gunakan air secukupnya saja jangan terlalu kebanyakan. Selain menggunakan air yang cukup Anda juga harus gunakan api kecil jangan terlalu besar. Dengan begitu maka air yang menguap tidak terlalu banyak dan sedikit saja sehingga nutrisi wortel tidak hilang. 

Dikukus 

Selain di rebus wortel juga bisa dikukus, untuk pengukusan wortel yang baik dan benar harus benar bahkan jangan terlalu matang dalam proses pengukusan hanya cukup 5 menit saja supaya nutrisi wortel tidak hilang. 

Tumis 

Jika Anda memilih wortel untuk di tumis maka bersihkan dulu wortelnya dengan baik setelah tumisan bumbu matang masukkan wortel dan tunggu sampai 5 menit saja kemudian angkat. 

Wortel memang sangat kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi penting lain yang bisa kita manfaatkan untuk tubuh dan konsumsi wortel rutin juga bagus untuk kesehatan. 

Namun memang jangan terlalu berlebihan dan perhatikan dengan baik tentang cara pengolahan wortel yang tepat supaya nutrisinya tidak hilang. 

Jika Anda malas belanja apalagi di masa PPKM Darurat seperti sekarang, di TaniHub Anda bisa dapatkan barang kebutuhan memasak termasuk wortel yang selalu segar dengan mudah dan harga terjangkau lewat aplikasi TaniHub yang bisa Anda akses secara online. 

Baca Juga : Keutamaan Infaq di Jalan Allah

Disqus Comments