Jumat, 29 Juni 2018

4 Pilihan Olahraga yang Efektif untuk Menjaga Kepadatan Tulang


Menjaga kepadatan tulang sejak dini bisa membantu mencegah penyakit tulang maupun sendi, seperti osteoporosis. Jadi, kenali dengan baik bagaimana cara mempertahankan kepadatan tulang sejak Anda masih muda sehingga resiko mengalami penyakit tulang terbilang kecil. Lewat gaya hidup yang sehat sebenarnya seseorang bisa terhindar dari berbagai resiko mengalami penyakit berbahaya termasuk yang menyerang tulang. Salah satu gaya hidup yang wajib dijadikan kebiasaan adalah rajin berolahraga terutama jenis olahraga yang memang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. 

 Gambar terkait

Khusus bagi Anda yang memang menaruh perhatian pada tulang, misal karena keluarga punya riwayat penyakit tulang. Maka biasakan untuk menikmati salah satu atau beberapa olahraga yang baik untuk kekuatan tulang berikut ini:

1.       Yoga, 

Latihan yoga secara teratur terbukti mampu mempertahankan kepadatan tulang pada lebih dari 10 wanita yang rutin melakukannya. Apalagi gerakan yoga sendiri memang mampu meningkatkan kesehatan pada tulang panggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang. Semuanya merupakan bagian tulang yang rawan mengalami patah tulang sehingga dengan yoga kekuatan tulang di bagian-bagian tersebut akan terlatih lebih kuat dan sehat.

2.       Berjalan, 

Berjalan ternyata termasuk kegiatan olahraga jadi mulailah mengikis kebiasaan malas jalan kaki ketika menuju lokasi yang dekat. Hitung-hitung Anda melakukan olahraga, apalagi menurut sebuah survei ketika seseorang rutin berjalan kaki 4 jam setiap minggunya. Maka memiliki kemampuan menurunkan resiko patah tulang di bagian tulang panggul hingga 41%. Jadi, untuk menekan resiko patah tulang di area rawan tubuh ini baiknya rutin berjalan kaki terutama jalan cepat sehingga bisa menjaga kekuatan tulang agar tidak mudah patah atau keropos.

3.       Angkat beban, 

Olahraga menarik yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang salah satunya adalah angkat beban. Anda bisa belajar olahraga ini dengan memakai burble dengan bobot 1kg, bisa pula digantikan dengan air dalam botol. Rutin mengangkat beban membuat otot dan juga tulang di badan perlu bekerja lebih keras sehingga dilatih untuk lebih kuat. Perlahan namun pasti tulang menjadi semakin kuat sehingga resiko mengalami patah tulang sampai pengeroposan tulang semakin kecil. Cobalah mengatur jadwal angkat beban sekitar 2jam seminggu.

4.       Olahraga yang memakai raket,

Beberapa jenis olahraga mempergunakan raket sebut saja seperti tenis dan juga badminton yang sama-sama populer di Indonesia terutama badminton. Anda bisa mencoba rutin menikmati olahraga dengan raket ini untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Sebab gerakan mengayun raket dengan tenaga sewaktu memukul bola bisa melatih kekuatan tulang di area lengan dan pergelangan tangan. Sedangkan sewaktu berlari mengikuti arah bola dari lawan Anda melatih kekuatan tulang belakang dan tulang panggul, sehingga menarik untuk dicoba.
Disqus Comments