Senin, 14 Mei 2018

Tips Merawat Motor Matic dengan Tepat Agar Tetap Prima

Selain motor gigi yang perlu untuk memasukkan gigi saat mengendarainya, ada juga jenis motor matic yang terkenal lebih mudah untuk digunakan. Motor matic ini mempunyai beberapa kekurangan dan keunggulan yang bisa didapatkan oleh pemiliknya. Seperti untuk kekurangan dari motor matic ini adalah akan menghabiskan bahan bakar yang lebih banyak daripada motor gigi umumnya. Sedangkan untuk kelebihan motor matic adalah dapat untuk lebih mudah dikendarai, mempunyai model yang lebih nyaman digunakan, dan juga cocok untuk medan yang menurun dan menanjak. Motor matic ini juga memerlukan perawatan yang lebih mudah yang bisa dirawat dengan cara berikut ini:

  • Memanaskan mesin sebelum digunakan

Tips pertama untuk melakukan perawatan motor adalah dengan memanaskan mesin sebelum akan digunakan. Hal tersebut diperlukan karena motor yang langsung di gas tanpa pemanasan terlebih dahulu justru akan membuat mesin motor menjadi rusak. Oleh karena itulah untuk menghindari mesin agar lebih awet adalah dapat dengan memanaskan motor agar juga bisa membuat mesin siap untuk digunakan. Lakukan pemanasan tersebut setidaknya 5 menit sebelum digunakan setiap harinya.

  • Mengganti oli dengan rutin

Tips mudah selanjutnya untuk merawat motor matic adalah dengan mengganti oli dengan rutin. Oli tersebut penting sebagai pelumas mesin motor sehingga tetap memberikan fungsi yang terbaik dan maksimal. Biasanya untuk mengganti oli motor tersebut bisa untuk melakukannya secara berkala dengan memeriksa jadwal pergantian oli yang dilakukan dalam jarak tertentu. Disarankan untuk pemilik motor matic dapat untuk mengganti olinya setiap jarak 1000 km atau juga maksimal dengan jarak 5000 km.

  • Memeriksa bagian motor

Tips mudah selanjutnya untuk melakukan perawatan motor matic adalah dengan memeriksa bagian motor. Ada banyak bagian motor yang perlu diperhatikan seperti kondisi aki dan juga busi. Hal tersebut perlu diperhatikan agar performa motor tetap stabil ketika digunakan dan juga mencegah agar motor tidak mogok. Selain itu juga bisa untuk ganti oli shockbreaker setiap 10 ribu km sehingga shock motor dapat untuk berfungsi dengan maksimal.

  • Menggunakan bensin yang berkualitas

Dan tips perawatan motor matic yang terakhir dan mudah dilakukan adalah dengan memilih jenis bensin terbaik. Pilihlah jenis bensin atau bahan bakar yang berkualitas sehingga akan menjaga mesin untuk mendapatkan performa yang terbaik. Bahan bakar yang mempunyai kualitas terbaik tentu juga mempunyai harga yang lebih tinggi. Tetapi hal tersebut sesuai dengan kualitas yang diberikannya dan juga menjaga mesin agar tetap awet dan nyaman digunakan. Sedangkan untuk bensin campuran biasanya akan mempunyai harga lebih murah tetapi mempunyai kualitas yang diragukan. Ketika akan mengisi bahan bakar juga harus memperhatikan untuk mengisinya di tempat yang resmi.
Disqus Comments