Minggu, 17 Juni 2018

Inilah Alasan Mengapa Pendidikan di Bangku Kuliah Sangat Penting

Tidak bisa dipungkiri pendidikan memang memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup manusia. Hal ini dikarenakan dengan adanya pendidikan manusia menjadi lebih berwawasan dan bisa lebih terarah dalam menjalankan hidupnya. Selain itu, pendidikan juga membantu manusia untuk memahami bagaimana cara bersosialisasi yang baik terhadap lawan bicaranya. Pendidikan di Indonesia saat ini identik dengan slogan wajib belajar sembilan tahun atau setara sampai pada bangku sekolah menengah atas. Akan tetapi, sebenarnya setelah lulus SMA masih ada satu jenjang pendidikan yaitu pada tingkat sekolah tinggi atau universitas. Masyarakat umum lebih sering menyebutnya dengan bangku kuliah. 


Kuliah adalah jenjang pendidikan untuk para mahasiswa yang menentukan jurusan apa yang benar-benar akan di pelajari dengan total seperti bagaimana cara menjadi guru, bidan dan dokter. Memang tidak ada sebuah aturan yang mengharuskan setiap orang untuk berkuliah, akan tetapi ada beberapa hal penting yang hanya bisa Anda dapatkan jika menempuh bangku kuliah. Dan berikut ini akan kita bahas beberapa alasan mengapa lanjut ke bangku kuliah dan menjadi seorang mahasiswa itu penting, antara lain:

  1. Lebih mudah bereksplorasi. Dengan menempuh pendidikan di bangku kuliah Anda akan lebih berwawasan luas, menemukan dan menambah ketrampilan diri, menjadi lebih terbuka dengan berbagai macam ide, dan bisa menemukan passion serta beberapa goals baru dalam kehidupan dimasa depan.
  2. Membangun network. Di kampus nantinya Anda akan bertemu dengan banyak orang seperti dosen, teman seangkatan, senior dan teman organisasi. Orang-orang inilah yang nantinya akan menjadi koneksi Anda baik saat sedang masih kuliah maupun saat Anda sudah lulus.
  3. Mandiri. Dengan kuliah nantinya Anda akan punya jiwa mandiri yang lebih kuat karena harus menyusun jadwal, mengerjakan tugas kuliah dan mengatur waktu sebaik mungkin untuk kegiatan non akademis.
  4. Anda juga dapat menjadi contoh yang baik dan memberikan ilmu yang tidak pernah didapat kecuali di bangku kuliah kepada orang lain sehingga ilmu Anda akan lebih bermanfaat. Dan orang lain juga dapat termotivasi untuk kuliah juga.

Sebenarnya masih ada banyak hal penting yang akan bermanfaat di hidup Anda dengan menempuh pendidikan di bangku kuliah. Seperti semua pengalaman manis dan pahit saat di kampus akan menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga dan dapat dijadikan pelajaran untuk meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Nantinya Anda juga akan lebih siap bekerja karena bangku kuliah turut menyiapkan lulusan mahasiswa yang siap bersaing untuk memasuki dunia kerja maupun dunia wirausaha.

Itulah beberapa alasan penting mengapa Anda wajib menempuh pendidikan di bangku kuliah. Karena pendidikan merupakan guru terbaik, untuk itu Anda harus berjuang untuk meraih pendidikan setinggi mungkin. Jika biaya menjadi salah satu alasan Anda, maka jangan khawatir, caranya belajarlah dengan tekun karena saat ini ada banyak sekali program beasiswa untuk kalangan tidak mampu dan siswa berprestasi.
Disqus Comments