Kamis, 18 April 2019

Tertarik untuk Wisata Religi? Ini 5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi

Tidak terasa Bulan Ramadhan akan segera menghampiri kita semua. Untuk kamu yang beragama muslim, bulan suci Ramadhan tentu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Karena bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Ini 5 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi

Mengingat Bulan Ramadhan 1440 H tidak sampai sebulan lagi, tidak ada salahnya jika kamu menyambut bulan suci Ramadhan dengan melakukan wisata religi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di Indonesia kamu bisa menemukan banyak spot wisata religi yang memiliki banyak sejarah, seperti makam wali, pondok pesantren, dan masjid. Namun, di antara banyaknya spot wisata religi di Indonesia, masjid menjadi destinasi favorit para wisatawan. Jika kamu tertarik untuk berwisata religi, ini sederet masjid di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

Masjid Tiban, Malang

Destinasi ini bisa menjadi tujuan pertama kamu yang ingin melakukan wisata religi. Masjid yang berada di Desa Sanarejo ini juga terkenal dengan nama Masjid Ajaib. Nama Masjid Ajaib muncul karena masjid megah bernuansa Timur Tengah ini berada di dalam pemukiman warga yang sempit. Namun di dalam pemukiman yang sempit itu terdapat sebuah masjid yang sangat indah. Meski gaya arsitekturnya nyentrik seperti bangunan Timur Tengah, tak ada arsitek yang merancang Masjid Tiban. Romo Kiai Ahmad mendesain bangunan 10 lantai ini berdasarkan petunjuk lewat Salat Istikharah.

Masjid Al-Munawar, Ternate

Masjid Al-Munawar atau yang biasa disebut sebagai Masjid Terapung ini menjadi salah satu ikon dari Kota Ternate. Berada di Pantai Sewiring, Ternate, Provinsi Maluku Utara, Masjid Terapung Al-Munawar dibangun pada tahun 2003 di atas laut. Masjid seluas 6 hektar ini sangat indah dan megah, bahkan mampu untuk menampung sekitar 15.000 jamaah. Tampilan masjid tampak cantik dengan kubah berwarna kuning dan hijau, serta bangunan yang bernuansa putih, kuning dan hijau. Di beranda masjid, para wisatawan pun dapat melihat perairan biru jernih dengan ikan-ikan yang sesekali terlihat berenang bebas.

Masjid Baiturahman, Banda Aceh

Saat terjadinya musibah tsunami di Aceh tahun 2004 silam, Masjid Baiturahman menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri kokoh di tengah derasnya gulungan air laut. Masjid Baiturrahman sendiri merupakan salah satu bangunan bersejarah di Aceh. Di bangun pada era Kesultanan Aceh, masjid ini pernah hancur pada 10 April 1873 akibat serangan Belanda ke Koetaradja (Banda Aceh). Ini menjadi pemicu perlawanan yang dilakukan oleh masyarakat Aceh. Perjuangan ini menyebabkan Belanda kehilangan Major General Johan Harmen Rudolf Köhler, panglima mereka pada 14 April 1873.

Masjid As-Safinatun Najah, Semarang

Selain kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang juga memiliki Masjid As-Safinatun Najah yang tidak kalah memukau. Masjid yang berada di daerah Ngaliyan ini memiliki desain menyerupai kapal Nabi Nuh. Itu sebabnya diberi nama Masjid As-Safinatun Najah. Masjid As Safinatun Najah bentuknya menyerupai kapal besar dengan bangunan seluas 2.500 meter, dan berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 7.500 meter. Selain memiliki haluan, buritan dan jendela berbentuk bulat, masjid ini juga memiliki kolam air di sekelilingnya. Tujuannya selain agar terlihat seperti mengambang di atas air, kolam ini juga dapat digunakan jemaah membersihkan kaki sebelum masuk ke masjid.

Itulah beberapa masjid yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan wisata religi. Berhubung bulan puasa tinggal beberapa pekan lagi, kamu bisa cek dulu disini tiket pesawat Batik Air. Dengan menggunakan aplikasi Traveloka, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat Batik Air dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi, masjid mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?
Disqus Comments